13 Alasan Mengapa Anda Harus Bebas Utang!

 
Bebas Utang
13 Alasan Mengapa Anda Harus Bebas Hutang!


Abu Thoybah - 13 Alasan Mengapa Anda Harus Bebas Hutang!  Meringankan beban saudara kita untuk meminjami mereka utang kemudian melunakkannya adalah sangat mulia.

Perhatikan Hadist-Hadist berikut:

#1. Allah Subhnallahu wa Ta'ala akan memudahkan hamba-Nya yang senantiasa memudahkan urusan orang lain. Tetapi bagi yang menerima utang, sebenarnya mempunyai konsekwensi cukup berat. Apalagi jika tidak mau memenuhi kewajibannya sebagai penerima utang.

#2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] utang, maka dia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah no. 2412)

#3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki utang satu dinar atau satu dirham, maka utang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414)

#4. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan utangnya hingga dia melunasinya.” (HR. Tirmidzi no. 1078)

#5. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang berutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah no. 2410)

#6. Masih Ada Utang, Enggan Dishalati, Dari Salamah bin Al Akwa’ RA, beliau berkata: Kami duduk di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Lalu didatangkanlah satu jenazah. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallambertanya, “Apakah dia memiliki utang?”

Mereka (para sahabat) menjawab, “Tidak ada.” Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Apakah dia meninggalkan sesuatu?”. Lantas mereka (para sahabat) menjawab, “Tidak.”

Lalu beliau sshallallahu ‘alaihi wa sallam menyolati jenazah tersebut. Kemudian didatangkanlah jenazah lainnya. Lalu para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah shalatkanlah dia!”

Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apakah dia memiliki utang?” Mereka (para sahabat) menjawab, “Iya.” Lalu beliau mengatakan, “Apakah dia meninggalkan sesuatu?”

Lantas mereka (para sahabat) menjawab, “Ada, sebanyak 3 dinar.” Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menshalati jenazah tersebut. Kemudian didatangkan lagi jenazah ketiga, lalu para sahabat berkata, “Shalatkanlah dia!”

Beliau shalallahu alaihi wasallam bertanya, “Apakah dia meningalkan sesuatu?” Mereka (para sahabat) menjawab, “Tidak ada.”

Lalu beliau shalallahu alaihi wasallam bertanya, “Apakah dia memiliki utang?” Mereka menjawab, “Ada tiga dinar.” Beliau berkata, “Shalatkanlah sahabat kalian ini.”

Lantas Abu Qotadah berkata, “Wahai Rasulullah, shalatkanlah dia. Biar aku saja  yang menanggung utangnya.” Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menyolatinya.” (HR. Bukhari no. 2289)

#7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali utang.” (HR. Muslim no. 1886)

#8. Nabi shalallahu 'alaihi wasallam biasa berdo’a di akhir shalat (sebelum salam): ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL MA’TSAMI WAL MAGHROM (Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan banyak utang).”

Baca 7 Langkah Sederhana Supaya Bebas Utang


Lalu ada yang berkata kepada beliaushallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kenapa engkau sering meminta perlindungan adalah dalam masalah utang?”

Lalu Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Jika orang yang berutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari.” (HR. Bukhari no. 2397)

Adapun utang yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berlindung darinya adalah tiga bentuk utang:
  1. Utang yang dibelanjakan untuk hal-hal yang dilarang oleh Allah dan dia tidak memiliki jalan keluar untuk melunasi utang tersebut.
  2. Berutang bukan pada hal yang terlarang, namun dia tidak memiliki cara untuk melunasinya. Orang seperti ini sama saja menghancurkan harta saudaranya.
  3. Berutang namun dia berniat tidak akan melunasinya. Orang seperti ini berarti telah bermaksiat kepada Rabbnya.
#9. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah akan bersama (memberi pertolongan pada) orang yang berutang (yang ingin melunasi utangnya) sampai dia melunasi utang tersebut selama utang tersebut bukanlah sesuatu yang dilarang oleh Allah.” (HR. Ibnu Majah no. 2400.

#10. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang paling di antara kalian adalah yang paling baik dalam membayar utang.” (HR. Bukhari no. 2393)

#11. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengambil harta manusia, dengan niat ingin menghancurkannya, maka Allah juga akan menghancurkan dirinya.” (HR. Bukhari no. 18 dan Ibnu Majah no. 2411

#12. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Utang membuat kehinaan di siang hari, Dan kegelisahan di malam hari”

Dari Aisyah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering membaca do'a: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, fitnah kehidupan & fitnah kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa & utang."

#13. Seseorang bertanya kepada Rasul, "Kenapa tuan banyak meminta perlindungan dari utang?" Rasul menjawab: "Sesungguhnya seseorang apabila berutang dia akan cenderung berkata dusta dan berjanji lalu mengingkarinya." (HR.BUKHARI)


13 Alasan Mengapa Anda Harus Bebas Utang!

Demikian 13 Alasan Mengapa Anda Harus Bebas Hutang! yang telah ana ringkaskan dari Ebook Jurus Pamungkas Utang Lunas - Komunitas Saya Bebas Riba.

Untuk mendownload Ebook Jurus Pamungkas Utang Lunas dan bergabung di Komunitas Saya Bebas Riba, cukup klik link berikut: https://bit.ly/2H9ve35

Posting Komentar

0 Komentar